Jumat, 04 September 2015

Kalau Ingin Sehat dan Turun Berat Badan, Konsumsilah 10 Sumber Protein Sehat Ini


Sebagian orang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet. Program diet harus dilakukan dengan memilih makanan yang tepat agar t​ubuh tetap sehat​. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein. 

Protein bermanfaat sebagai cadangan makanan dan energi untuk tubuh.​ Konsumsi makanan berprotein dapat mengontrol rasa lapar ​saat ber​diet. ​Beberapa sumber protein sehat yang baik dikonsumsi saat menurunkan berat badan.​

Saat berdiet orang menghindari karbohidrat dan memilih protein sebagai pengganti. Protein diperlukan untuk membentuk tubuh ideal tetapi tidak semua jenis protein baik dikonsumsi saat berdiet. Pilihlah jenis makanan dengan protein yang mendukung penurunan berat badan.​

​Sumber protein dengan kandungan lemak baik ini bisa mendukung tubuh tetap sehat dan juga membantu penurunan berat badan. Karena memberi rasa kenyang lebih lama.​

1. Seafood
Seafood ​merupakan sumber protein yang sangat baik karena memiliki kadar lemak yang rendah.​ ​Ada beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak sedikit lebih tinggi.Tetapi,lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak omega-3 yang baik dikonsumsi ketika diet. ​Memberi rasa kenyang dan lemak yang baik untuk jantung.​




2. Daging Unggas
Pada dasarnya, daging unggas terbagi menjadi dua daging putih (white meat) dan daging merah (dark meat). Untuk daging putih ​atau daging unggas ​memiliki protein tanpa lemak lemak. Sedangkan, ​merah​ memiliki ​lemak lebih tinggi​.

​Buang​ kulit​ ayam atau bebek sebelum diolah karena di bagian bawah kulitnya banyak terdapat lemak.​​




3.Susu, keju, dan yogurt
Tidak hanya sumber protein yang baik susu, keju dan yogurt juga mengandung kalsium yang tinggi dan vitamin D. Konsumsilah susu rendah lemak untuk menjaga tulang dan gigi ​tetap​ kuat dan membantu mencegah osteoporosis.





4.Telur
Telur adalah sumber protein paling lengkap dari sumber protein lainnya. Satu butir telur rebus mengandung 7 gr protein dan 2 gr lemak jenuh.​ ​Untuk menghindari lemak jenuh makanlah puti​h telur saja​ dan buang kuningnya. Tetapi, telur mengandung kolesterol. 



The American Heart Association men​yebutkan ​orang dewasa yang sehat dapat aman mengonsumsi telur.


5. Kacang - kacangan
Kacang-​kacangan​ merupakan salah satu sumber protein yang baik. Satu setengah cangkir kacang mengandung protein sama halnya ​30 gram daging​ steak panggang.​ ​Kacang juga sarat akan serat yang membuat perut terasa kenyang ​lebih lama​.







6. Daging has dalam sapi
​Jika ingin mengonsumsi daging sapi sebagai sumber protein, pilihlah bagian tenderloin atau daging has dalam. Bagian ini paling sedikit mengandung lemak dan cepat lunak jika dimasak. Jangan lupa padukan dengan sayuran agar memberi rasa kenyang lebih lama.​




7. Kedelai
Mengonsumsi 50 gr protein kedelai setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar 3%. Selain kaya protein, kedelai juga rendah lemak yang dapat membantu diet sehat. ​Kedelai juga mampu​ mengurangi ​risiko​ terkena penyakit jantung dan kanker.






8. Jus dan sereal
Jika dalam perjalanan tidak memiliki waktu untuk makan, ganti dengan minum​ jus buah​, sereal, atau sumber energi lainnya.​ ​​Cek ​labelnya untuk memastikan produk tersebut mengandung setidaknya enam gram protein dan rendah gula dan lemak.






9. Telur dan yoghurt
Penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi sumber protein seperti, telur, yogurt ketika sarapan sama saja dengan memakan roti gandum yang kaya akan serat. Hal ini, dapat membantu perut merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan ​menurun​ sepanjang hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar