Rabu, 25 Februari 2015

Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Kesehatan

1.       Picu Kanker Usus Besar
Salah satu penyebab terjadinya kanker usus besar (kanker kolon) adalah akibat pola makan yang salah. Ternyata sering mengkonsumsi gorengan dan juga daging merah bisa memicu terjadinya kanker usus besar. Dr. Aru menuturkan dalam membuat gorengan biasanya menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang sehingga mengandung racun dan juga radikal bebas. Selain itu,  minyak sendiri juga bisa memacu terbentuknya asam ampedu di dalam usus, asam empedu ini bisa mengiritasi usus.

2.       Picu Tukak Lambung (Ulcer)
Tukak lambung yang terjadi disekitar bagian dalam lambung atas usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem merupakan luka pencernaan. Penyakit ini disebabkan bakteri yang disebut Pylori. Gorengan menyebabkan keasaman dan ulkus di perut anda. Jadi, menghindari konsumsi makanan yang diperoleh dengan menggunakan minyak goreng akan mengurangi masalah pencernaan anda.

3.       Bahaya Gorengan di Campur Dengan Plastik
Banyak oknum-oknum tidak bertanggungjawab melakukan kecurangan dengan menggunakan plastik yang dimasukan pada minyak panas yang digunakan untuk menggoreng makanan agar gorengan terlihat lebih menarik dan lebih tahan lama. Desas-desus soal adanya jajanan gorengan berplastik mulai banyak diketahui oleh orang dari sejak lama. Temuan lapangan membuktikan jajanan gorengan berplastik ternyata bukan sekedar desas-desus. Tak sedikit penjual gorengan yang menjual pisang, singkong, tempe ataupun bakwan tidak saja dengan minyak goreng, tapi juga kantung plastik, sedotan atau bahkan dirijen plastik. Bahan-bahan plastik ini digoreng terlebih dahulu dengan minyak panas hingga meleleh, baru kemudian produk gorengan dimasukkan. Hasilnya… gorengan menjadi renyah, lebih lama dan sangat gurih. Pedagang yang menggoreng dengan resep ini mengaku mendapat konsumen lebih banyak sejak menerapkan teknik ini.

4.       Bahaya Kertas Bekas Pembungkus Makanan
Kertas bekas seperti koran, majalah atau kertas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbal yang bersifat racun. Bila terkena panas atau minyak gorengan, tinta dapat larut dalam makanan.










5.       Bahaya Kantong Plastik Kresek Hitam Pembungkus Gorengan
Kantong plastik kresek hitam adalah hasil dari daur ulang plastik-plastik bekas. Selain karena tidak hygienis (kita tidak pernah tahu sebelumnya plastik-plastik bekas itu digunakan untuk membungkus apa), kantong plastik kresek hitam bila digunakan untuk mewadahi langsung makanan akan melepaskan bahan-bahan berbahaya kedalam makanan, yang akhirnya dapat menimbulkan kanker dan kegagalan ginjal.
Nah, berarti bukan pada bahan bakunya yang membuat tidak sehat, tapi disebabkan pada prosesnya, caranya, bahan menggorengnya seperti minyak, pembungkusnya dan ulah penjual itu sendiri yang tidak bertanggungjawab dengan menambahkan plastik untuk menggoreng gorengan. Lalu apa saja efek yang ditimbulkan jika kita terlalu banyak dan sering mengkonsumsi gorengan?

1 komentar: